Orangtua

Orang Tua

Orang tua adalah dua orang yang selalu berada dalam barisan depan dalam berbagai kondisi yang sedang kita alami, entah itu sedih, duka, senang ataupun keadaan apapun. Orang tua lah yang paling pertama memberikan kekuatannya saat anda merasa lemah. Sejatinya, tidak ada satu orang tua pun yang ingin anaknya mengalami penderitaan, sehingga apapun akan rela dilakukannya demi kebahagiaan anda. Segala hal yang dilakukan oleh orang tua terhadap anak tidak ada yang meminta imbalan se-persenpun, karena semuanya dilakukannya dengan tulus ikhlas.

Bayangkan saja, bagaimana lelahnya menjadi orang tua, dimana mulai pertama kali anda menjadi benih janin yang bernama embrio, yang mulai menetap di rahim ibu anda. Saat itulah perjuangan pertama orang tua anda yang anda sebut sebagai ibu dimulai. Ibu akan mengalami serentetan kejadian tidak menyenangkan akibat hadirnya anda dalam kehidupannya, seperti muntah di pagi hari atau morning sickness, tidak memiliki nafsu makan bahkan ada pula yang hingga tidak mampu bangkit dari tempat tidur. Namun segala hal buruk yang menimpa ibu semasa hamil anda sama sekali tidak meruntuhkan semangat perjuangannya dalam menjaga anda di dalam kandungan.

Tidak berhenti sampai di situ, ibu dan ayah yang kalian sebut sebagai orang tua akan terus berjuang untuk persiapan kehadiran anda di muka bumi ini dengan membeli berbagai macam kebutuhan anda di waktu bayi. Ayah akan banting tulang lebih keras demi bisa membeli semua perlengkapan kelahiran anda, sedangkan ibu akan senantiasa berjaga siang bahkan juga malam demi memastikan anda nyaman di dalam perutnya. Belum lagi jika anda sepanjang malam menendang perut ibu anda hingga membuatnya terjaga sepanjang malam, padahal esok harinya harus bangun pagi untuk mempersiapkan sarapan untuk suaminya.

Saat anda memasuki waktu kelahiran, maka orang tua anda akan sibuk memilihkan rumah bersalin terbaik agar anda bisa lahir dengan selamat. Ibu akan berjuang sekuat tenaga untuk bisa membuat anda keluar dengan cepat tanpa merasakan sesaknya terhimpit jalan lahir ataupun kehabisan air ketuban karena anda tak kunjung keluar. Melahirkan anda merupakan perjuangan antara hidup dan mati yang harus dialami oleh ibu anda, sedangkan ayah anda pun tidak henti-hentinya berdoa agar anda bisa lahir selamat tanpa kekurangan suatu apapun dan ibu anda pun sehat serta selamat.

Perjuangan orang tua anda pun masih berlanjut saat anda sudah terlahir ke dunia dan inilah perjuangan yang sesungguhnya, karena kedua orang tua anda akan mengerahkan segala kekuatannya untuk membuat anda terus hidup sehat dan nyaman, meskipun orang tua anda sendiri tidak merasakan kenyamanan hidup. Namun kenyamanan anda merupakan keutamaan yang harus mereka jaga bahkan hingga anda bisa merasakan hasil kerja keras anda sendiri.

Apakah saat anda dewasa, anda pikir perjuangan orang tua anda sudah usai? Belum! Orang tua masih akan terus berjuang dengan segenap kemampuannya. Memang bukan lagi dengan tenaga yang dimilikinya karena kini orang tua anda telah renta termakan usia. Perjuangan orang tua anda dilakukan dengan doa-doa di setiap ibadahnya. Tak henti mendoakan keselamatan, kesehatan, dan juga kesuksesan anda di masa tua anda nanti. Orang tua anda akan selalu berdoa agar nasib anda tidak seperti mereka dan akan meminta pada Tuhan agar seluruh hal yang menimpa anda adalah kebaikan dan kebahagiaan.

Melihat perjuangan orang tua anda yang begitu tulus, sejak anda sebesar biji jeruk hingga sekarang sudah memiliki keluarga sendiri bahkan sudah dipanggil sebagai orang tua pula oleh anak anda, tidakkan anda ingin segera berlari memeluk orang tua anda yang selama ini selalu ada untuk anda? Cintai dan kasihilah orang tua yang senantiasa ikhlas berjuang demi kebahagiaan anda karena saat mereka tiada, anda tidak akan bisa merasakan kasih sayang tulus itu lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *